Kategori
BUSINESS internet NEWS Society

Reksadana Pasar Uang

,Untuk yang ingin mencoba investasi tapi takut dengan resiko, reksadana bisa menjadi pilihan tepat. Reksadana sendri merupakan kumpulan dana yang dkelola untuk melakukan investasi dengan membeli saham, obligasi dan instrumen keuangan lainnya. Investasi reksadana cenderung lebih aman karena dkelola oleh manajer investasi dan modal dari investasi juga akan dpecah ke beberapa instrumen. Ada beberapa jenis reksadana, yaitu reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, dan reksadana saham. Dari 4 jenis ini, reksadana pasar memiliki resiko yang paling minim. Apa itu reksadana pasar uang? Reksadana pasar uang adalah reksadana yang portofolionya dalam bentuk instrumen pasar uang, termasuk deposito dan surat utang dengan jatuh tempo kurang dari satu tahun.

Mengapa harus investasi di reksadana pasar uang?

IDN POKER APK

Sebenarnya kamu tidak harus investasi d reksadana pasar uang, tapi biasanya untuk pemula yang baru belajar dan memulai investasi, reksadana pasar uang cocok untuk dpilih. Resiko  lebih rendah dibandngkan jenis lainnya dan cenderung stabil walaupun pasar dalam keadaan goyah.  ini cocok untuk kamu yang ingin investasi jangka pendek, stabil, dan dapat return cepat, walaupun tidak akan sebesar saham pastinya.

Banyak yang bertanya, dengan resiko  yang rendah, apa bedanya dengan deposito dmana instrumen investasi ini juga memiliki resiko rendah? Berikut adalah penjelasan apa keuntungan rdibandngkan dengan deposito.

Keuntungan reksadana pasar uang dibandingkan dengan deposito:

Resiko reksadana pasar uang

1. Keuntungan lebih tinggi

Return  saat ini bisa mencapai 7.3% per tahun, sedangkan rata-rata deposito bank periode 12 bulan memberikan bunga 5.5%. Suku bunga deposito tergantung lama penempatan dan jumlah dana yang dtempatkan serta ada potongan pajak yang cukup besar. Jadi tentunya return dari  masih lebih besar jika dibandngkan dengan bunga deposito.

2. Modal investasi mulai dari Rp 100 ribu

IDN POKER APK

Kelebihan lain dari investasi adalah bisa dmulai dengan modal Rp. 100 ribu dan tidak ada perbedaan return antara yang menempatkan Rp 100 ribu dan Rp 5 juta. Sedangkan untuk deposito, kamu harus memiliki minimum Rp 5 juta. Jadi, akses investasi d reksadana sangat terjangkau dan bisa dlakukan secara online.

3. Dana bisa diambil kapan saja tanpa denda

Pencairan dpercepat pada deposito akan dkenakan denda 2% dari pokok. Jadi, kalau mencairkan deposito sebelum jatuh tempo, kamu akan kena denda yang lumayan besar, apalahi jika nominal deposito besar. Pada investasi reksadana, kapanpun dana bisa dtarik dan tidak ada dendanya, serta gratis biaya pencairan.

4. Jangka waktu investasi fleksibel

D deposito, kamu harus mempertimbangkan dengan baik-baik, berapa lama uang hendak dtempatkan karena jika pencairan dpercepat kena denda dan bunga deposito dpengaruhi lama penempatan. Jika salah menghitung jangka waktu deposito, kamu bisa rugi karena denda atau mendapatkan bunga yang lebih kecil. Sedangkan  tidak menjatuhkan denda untuk pencairan jika dpercepat dan tidak memberlakukan bunga sama untuk semua jangka waktu.

http://gilessociety.org/

Resiko reksadana pasar uang

Salah satu resiko yang mungkin terjadi pada  adalah gagal bayar. Jadi, salah satu instrumen  adalah obligasi berjangka waktu setahun. Obligasi merupakan surat utang yang dkeluarkan perusahaan atau pemerintah. Ada kemungkinan pihak penerbit telat membayar atau bahkan gagal melunasi utang tersebut. Untuk meminimalisir resiko tersebut, usahakan membaca prospektus secara mendetail sebelum melakukan investasi . Pelajari latar belakang dan track record pihak penerbit obligasi.

Resiko lainnya adalah adanya penarikan dana dalam jumlah besar. Dalam dunia investasi, penarikan dana dalam jumlah besar dsebut juga dengan istilah redemption. Hal ini ternyata bisa menjadi risiko tersendri pada Misalkan uang  X mencapai Rp 500 juta. Kemudan, dalam waktu bersamaan, investor menarik atau mencairkan dana hingga Rp 400 juta. Jika ini terjad, bukan tidak mungkin instrumen  dalam reksadana tersebut harus djual padahal belum jatuh tempo sehingga mau tidak mau harus djual di bawah harga beli.

http://gilessociety.org/

memang cocok untuk investor pemula yang baru mengenal investasi karena resikonya rendah. Selain itu, kinerjanya cukup stabil sehingga cocok untuk investasi jangka pendek atau sekitar satu tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *